VISI & MISI

Menjadi lembaga pembelajaran dan pelatihan terkemuka dan professional serta menumbuh kembangkan kepedulian terhadap mutu untuk menuju UNP ungul dikawasan Asia Tenggara.

Misi LP3M 2017-2021 adalah:

  1. Mengembangkan  pembelajaran, pelatihan, dan pendidikan profesi yang berkualitas.
  2. Membangun dan mengimplementasikan sistem penjaminan mutu akademik di seluruh fakultas dan program studi
  3. Mengawal akreditasi dan sertifikasi program studi di lingkungan Universitas Negeri Padang baik di tingkat nasional, regional (ASEAN), maupun internasional.
  4. Memberikan  layanan profesional dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan.

Tujuan 

Untuk mencapai misi tersebut di atas telah ditetapkan tujuan LP3M UNP tahun 2017-2021 sebagai berikut:

  1. Membantu dosen meningkatkan mutu dan efesiensi pembelajaran
  2. Memfasilitasi Pembuatan RPS/ SAP, Bahan Ajar, Panduan Praktikum, dan Penilaian Pembelajaran berbasis Outcome Base Deducation (OBE)
  3. Meningkatkan sistem penilaian program studi dari evaluasi mutu internal menjadi evaluasi mutu eksternal  pada tingkat Asean

Untuk mencapai tujuan perlu ditetapkan beberapa strategi pencapaianya sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan magang, workshop, lokakarya, technical assistance, ToT dan Hibah Pembelajaran  untuk meningkatkan pembelajaran dan Sistem Penjaminan Mutu Internal UNP.
  2. Mengembangkan dokumen penjaminan mutu internal (Kebijakan Akademik, Standar Akademik, Manual mutu dan manual prosedur, dana sesmen tiap standar).
  3. Sosialisasi, pelatihan sistem penjaminan mutu internal kepada GPMI (tingkat fakultas) dan UPMI (tingkat Jurusan).
  4. Pelaksanaan audit mutu internal pada aras program studi dan unit-unit kerja di lingkungan Universitas Negeri Padang
  5. Mengawal terhimpun nya tindakan koreksi dan rekomendasi perbaikan mutu secara berkelanjutan kepada ketua jurusan/ program studi, dekan, ketu alembaga dan biro di lingkungan  Universitas Negeri Padang.
  6. Pendampingan akreditasi program studi dan institusi baik versi BAN PT maupun AUN-QA
  7. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran dosen berbasis IT dengan membuat finger print

Untuk mengenal LP3M maka diperlukan suatu Motto yaitu

Moto LP3M pada tahun 2013-2017 yaitu “Menginternalisasikan budaya mutu menuju universitas bertaraf internasional“. Moto ini ditetapkan atas kondisi UNP  yang saat ini berada antara sadar mutu dan akan menuju pada peduli mutu. Untuk itu perlu keberanian sivitas akademika melakukan perubahan dan melakukan yang terbaik. Dalam beberapa tahun kedepan ketika UNP memasuki “peduli’ mutu maka tidak mustahil UNP akan memasuki universitas bertaraf internasional.

Untuk kelancaran tugas LP3M maka terdapat tiga pusat yang harus dikembangkan yaitu Pusat Pengembangan Pembelajaran, Pusat Penjaminan Mutu dan Pusat Program Pengalaman Lapangan.

Pusat Pengembangan Pembelajaran

Visi

Menjadi pusat pengembangan pembelajaran yang unggul dalam pelaksanaan perkuliahan mata Kuliah Universitas, kurikulum dan sumber belajar.

Misi

  1. Melaksanakan perkuliahan Mata Kuliah Universitas (MKU) dalam rangka mewujudkan nilai-nilai keagamaan, kebangsaan, dan kependidikan sehingga terbentuk kepribadian mahasiswa yang bermoral luhur dan berprestasi, serta memiliki pemahaman terhadap ilmu pedagogik.
  2. Mengembangkanbidangilmu MKU sesuaidenganperkembangankeilmuanterkini.
  3. Melaksanakan koordinasi sumberdaya dalam rangka pelayanan perkuliahan MKU secara optimal.
  4. Mengembangkan, mengkaji, dan mengoordinasikan kurikulum program studi sesuai kebutuhan pemangku kepentingan pendidikan,   masyarakat, dan dunia usaha.
  5. Mengembangkan, mengkaji, dan memanfaatkan model-model pembelajaran yang memanfaatkan IT untuk meningkatkan mutu pembelajaran di pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
  6. Mengembangkan, mengkaji, dan memanfaatkan sumber belajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran  dipendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
  7. Membina peningkatan kompetensi dosen di bidang pengembangan pembelajaran, sumber belajar,   dan multimedia.

Tujuan Pusat Pembelajaran

  1. Mengkoordinasikan semua jurusan/ program studi di UNP dalam hal pelayanan mata kuliah universitas
  2. Pelayanan Konsultasi dan Bimbingan Pembuatan RPS/ SAP, Bahan Ajar, Penuntun Praktikum, dan Penilaian Pembelajaran.
  3. Melakukan kajian terhadap kurikulum berbagai jenjang pendidikan, model dan strategi pembelajaran,serta beragam sumber belajar untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan perguruan tinggi dan pembelajaran di sekolah.
  4. Mengembangkan kurikulum pembelajaran dan model pembelajaran inovatif.

Pusat Penjaminan Mutu

Visi:

“Menjadi pusat penjaminan mutu yang berperan dalam meningkatkan budaya mutu dibidang tridharma perguruan tinggi dalam mewujudkan UNP menjadi salah satu universitas unggul di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2020”.

Misi

  1. Mengawal akreditasi dan sertifikasi program studi dilingkungan UNP.
  2. Meningkatkan reputasi dan akreditasi program studi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengawal pelaksanaansistempenjaminanmutu di tingkatUniversitas, Fakultas, Jurusandan Program Studi.
  4. Mengawal akreditasi institusi dan sertifikasi unit kerja di lingkungan Universitas.
  5. Melakukan koordinasi dalam penjaminan mutu internal dengan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Unit Penjaminan Mutu (UPM).
  6. Melaksanakan kerjasama dengan unit kerjalain nya dilingkungan UNP untuk meningkatkan mutu sumber daya, tata kelola, dan layanan.

Tujuan

Menyiapkan sistem penjaminan mutu yang efektif dan efisien dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang bermutu.

Pusat Program Penglaman Lapangan

Visi
Menjadi pusat program pengalaman lapangan yang unggul dalam menyelenggarakan prakteklapangan Persekolahan di sekolah-sekolah untuk menyiapkan pendidik yang berpotensi profesional.

Misi
1. Memberdayakan daya dukung sehingga mahasiswa siap melaksanakan Praktek Lapangan Persekolahan yang professional dan berwawasan global.
2. Mengembangkan jejaring kerjasama Program Pengalaman Lapangan dengan lembaga persekolahan dan sekolah-sekolah mitra.
3. Memberikan  layanan profesional dalam pelaksanaan Praktek Lapangan Persekolahan.
4. Menyelenggarakan Praktek Lapangan Persekolahan yang berkualitas

5. Merintis penyelenggaraan Praktek Lapangan Persekolahan di Negara Asean

Tujuan
Membangun jejaring kerjasama yang berkualitas dan saling menguntungkan dengan sekolah untuk menghasilkan mahasiswa yang siap dan berpotensi menjadi guru profesional.