Pentingnya kualitas dalam penulisan berita sebagai daya dukung konten website,LP3S UNP mengadakan pelatihan pengelolaan media informasi pada website lp3s.unp.ac.id, Rabu, (03/04/2023).

Menghadirkan narasumber Syaflan Sandi Harta Putra, M.Kom., staf LDTI UNP. Peserta pelatihan 20 orang dari Staf LP3S UNP, admin keuangan,admin administrasi, Pranata Komputer dan Kasubag LP3S.

Banyaknya informasi yang ada di lingkungan LP3S UNP perlu diketahui masyarakat. Salah satu caranya melalui publikasi website dan media sosial LP3S UNP. Hal tersebut disampaikan Kasubag Tata Usaha, Erlina Surya Negara, S.Si. mewakili Kepala  LP3S UNP  dalam pembukaan Pelatihan tersebut.

“Saya melihat banyak sekali kegiatan-kegiatan dari LP3S UNP, Kegiatan kerjasama, Pelatihan dan Praktek Lapangan yang ada di LP3S UNP, silaghkan yang ada kegiatan apa saja bisa disampaikan dalam bentuk berita,” ungkap Erlina Surya Negera.

Jika sudah tertata dengan baik, harapannya, website LP3S UNP disajikan dalam dua bahasa yaitu, Indonesia dan Inggris. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan Universitas Negeri Padang yang go International. “Karena dekat dengan Malaysia dan Singapura, yang pasti akan menjadi perhatian dunia,” paparnya.

Sementara Pranata Komputer di LP3S UNP  menyampaikan materi terkait Menulis Berita. Yosefrizal, M.Kom. menyebutkan tulisan yang baik sedikitnya memiliki satu dari empat hal, yaitu mendidik, menginformasikan, menghibur atau menginspirasi.

“Jika ingin mendidik, tulisan harus memberi solusi yang baik,” kata Yosefrizal, M. Kom. Sedangkan menginformasi adalah memberikan informasi terbaru. Sedangkan menghibur diartikan memberikan solusi ketika masyarakat membutuhkan hiburan dari kejenuhan dan rutinitas. “kita bisa memberikan inspirasi kepada pembaca melalui gaya bahasa storytelling,” lanjutnya.

Agus dwi santoso, M. Kom staf LP3S UNP menyampaikan materi tentang dua jenis berita yang bisa ditulis di Website, yaitu Features dan Hardnews. Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan terkait dengan Teknik Penulisan Berita. “Judul jangan terlalu panjang, cukup simple saja tetapi menarik,” ungkapnya.


“ Bagi siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya (memayungkan sayapnya) kepada penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut.” (HR. lbn Majah)

Syaflan Sandi Harta Putra
Share: