Padang (Selasa, 19 September 2023) Universitas Negeri Padang menggelar penandatangan MoU dengan Komisi Nasional Disabilitas (KND). Penandatanganan MoU ini dilaksanakan bersamaan dengan diselenggarakannya Kuliah Umum dengan tema “Universitas Negeri Padang Menuju Pendidikan Inklusif dalam Mewujudkan WCU” di Auditorium UNP”.

Penandatangan MoU dihadiri langsung oleh Ketua KND, kemudian Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor II, III dan IV, Sekretaris Universitas, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur sekolah Pascasarjana, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Vokasi, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kepala Badan, Se-Lingkungan UNP.

Dalam acara penandatanganan ini, Ketua KND yaitu Dr. Dante Rigmalia, M.Pd., menyampaikan tentang kondisi angkatan kerja disabilitas di Indonesia. Menurunya, Kondisi Angkatan kerja disabilitas Indonesia didominasi oleh lulusan SD, untuk disabilitas penglihatan, mobilitas, jari/tangan, dan lainnya. Sedangkan kelompok disabilitas pendengaran dan komunikasi didominasi oleh angkatan kerja yang tamat SD/tidak memiliki ijazah. Hal ini tentu saja memperlemah daya saing penyandang disabilitas di dunia kerja.

Dr. Dante Rigmalia, M.Pd ., juga menjelaskan berbagai faktor yang memengaruhi penyandang disabilitas sulit mendapatkan hak pendidikan, diantaranya yaitu status ekonomi yang menengah ke bawah, stigma terhadap penyandang disabilitas, aksesibilitas terhambat, akomodasi yang belum layak, dan masih ada tenaga pendidik serta pelaksanan tes yang belum memahami penanganan peserta didik penyandang disabilitas.

"Menyikapi kondisi tersebut, perguruan tinggi perlu melakukan tridarma perguruan tinggi (riset disabilitas PKM), yakni awareness campaign, sosialisasi penelitian dan semua berhak berprestasi, namun partisipasi tanpa diskriminasi," ujar Dr. Dante Rigmalia, M.Pd.

Harapannya melalui kegiatan penandatanganan MoU dan Kuliah Umum tersebut, seluruh civitas akademika UNP tetap memiliki semangat untuk membantu dan memberikan dukungan kepada teman-teman disabilitas yang memiliki hambatan atau menunjukkan hal-hal yang membutuhkan dukungan.

Selain penandatanganan nota kesepahaman antara UNP dengan KND, pada kegiatan yang sama juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara KND Komisioner Wilayah Sumbar dengan Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. (Tiok W.)

“ Bagi siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya (memayungkan sayapnya) kepada penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut.” (HR. lbn Majah)

Administrator
Share: