Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Negeri Padang menggelar Pelatihan Calon Asesor Kompetensi yang dilanjutkan dengan Asesmen Calon Asesor (ACA) yang digelar di Ball Room Hotel UNP, Senin (22/5/2023) hingga Jumat (26/5/2023), dengan pemateri Wakil Master Master Asesor BNSP, Nes…dan Osvian.

Kepala Kantor LSP UNP Dr. Mulya Gusman, MTmenjelaskan, pelatihan ini diikuti sebanyak 24 calon asesor yang berasal dari para dosen di lingkungan UNP. Para dosen tersebut akan disiapkan untuk menjadi asesor yang akan melakukan asesmen kepada mahasiswa. Calon asesor ini perwakilan masing-masing Fakultas selingkungan UNP dan ini bertujuan untuk melahirkan skema-skema baru di masing-masing prodi yang ada di fakultas selingkungan UNP. 

Saat ini tercatat sebanyak 30 skema aktif yang telah mengantongi lisensi dari  BNSP dan harapannya kedepan adalah akan ada bertambah skema baru yang dibutuhkan dunia kerja dan dunia industry (DUDI) yang sesuai pastinya dengan prodi yang ada. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua LP3S UNP Prof. Jamaris, M.Pd, dalam kesempatan ini  juga mengatakan bahwa saat ini uji kompetensi sangat dibutuhkan bukan hanya sebagai pendamping ijazah saja namun agar lulusan dari UNP memiliki trust (kepercayaan) di tengah masyarakat akan potensi dan kompetensi yang dimilikinya yang terbukti dari sertifikat uji kompetensi yang dikantongi dari BNPS melalui LSP UNP. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan asessmen tentunya harus dilakukan oleh asesor yang professional melalui pelatihan asesor ini. Karena itu, di akhir pelatihan peserta juga akan menjalani Uji ACA dengan master asesor yang berbeda “Diakhir sesi pembukaan Kepala LP3S UNP menyampaikan “Diharapkan semua peserta pelatihan lolos ujian dan kompeten sebagai asesor kompetensi,” terangnya.

LSP UNP merupakan LSP P1, atau lembaga sertifikasi profesi yang melakukan asesmen untuk peserta didik yang ada di lembaga induknya dan jejaring kerja lembaga induknya. LSP UNP dapat melakukan sertifikasi kepada seluruh mahasiswa UNP, mulai dari jenjang Sarjana, Sarjana Terapan, dan Pascasarjana, serta mahasiswa mitra dari perguruan tinggi yang bekerja sama dengan UNP.









Administrator
Share: