Lesson Study for Learning Community (LSLC) di SMA Pembangunan Lab. UNP




Padang, 19 Oktober 2022.

PUSBANGBEL LP3M UNP menghadiri OPEN CLASS/BUKA KELAS Guru Mitra Program KDS Tahun 2022 di SMA Pembangunan Laboratorium UNP bersama Dr. rer.nat. Asep Supriatna, M. Si (Pakar LSLC & Direktur Pendidikan UPI).

Kegiatan ini didukung oleh Direktur, Kepala Sekolah, dan Jajaran serta Guru Mitra yang Luar Biasa.

LSLC merupakan pengajar yang tergabung dalam sebuah komunitas yang tujuannya sebagai media komunikasi dan diskusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Pada pelaksanaan Open Class yang menjadi sebagai observer adalah guru-guru  di SMA  Pembangunan Laboratorium UNP (internal SMA Pembangunan Laboratorium UNP). 

Kegiatan pembelajaran pada Open Class menerapkan prinsip-prinsip dasar Lesson Study fo Learning Community/LSLC diantaranya dialog dan kolaborasi. Dialog harus terjadi dalam setiap pembelajaran ketika siswa diberikan suatu “case” atau masalah dan semua siswa terlibat secara aktif dan tidak bisa menarik diri dari dialog semaunya. Guru memposisikan diri sebagai observer dan fasilitator pembelajaran. Sedangkan kolaborasi mengacu kepada aktivitas saling menguatan antar siswa dalam kelompok atau antar kelompok. Kelompok adalah media bekerja, saling memberi dan menguatkan. Guru harus mampu mengantisipasi munculnya siswa “pembonceng” dalam pembelajaran.


Saddam
Share: