Padang, 14 dan18 Mei 2023

Sebelum memasuki perkuliahan pertemuan akhir semester, Pusat Pendidikan, Pembelajaran, dan Merdeka belajar (Pusdikbelmerjar) mengadakan kegiatan "Workshop Editing dan Input Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Januari - Juni 2023". Kegiatan ini merupakan agenda program kerja (proker) rutin tiap semester.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring pada:

Hari/Tanggal  : Minggu dan Kamis/ 14 dan 18 Mei 2023 
Pukul               : 08.30 WIB - selesai 
Tempat            : Aula FIS lantai 4 gedung FIS Baru di belakang gedung classroom B 



Workshop ini diikuti oleh 80 orang yang diantaranya 72 orang dosen dari 14 MKU yang terdiri dari koordinator MKU serta anggota tim MKU. Dengan adanya ujian bersama secara daring dengan standar soal yang sama maka akan didapatkan data efektivitas keterlaksanaan pembelajaran pada MKU di UNP. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi sekaligus dasar program-program berikutnya.



Ketua LP3S UNP, Prof. Dr. Jamaris, M. Pd yang turut mendampingi proses penulisan soal dan reviu bersama oleh tim menyampaikan harapan agar hasil workshop ini akan mendapatkan soal-soal yang valid sebagai tes hasil belajar MKU Januari-Juni 2023. 

Kepala Pusdikbelmerjar, LP3S UNP, Dr. Nofrion, M.Pd yang juga menjadi Instruktur dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa proses penulisan soal UAS MKU ini dimulai dengan sosialisasi kepada koordinator MKU, penetapan tim penulis soal dan tim validator/editor soal oleh koordinator MKU, workshop penulisan soal, reviu soal dan validasi serta input soal ke sistem UAS MKU UNP. 

Lebih lanjut, Koordinator Divisi MKU Pusdikbelmerjar, LP3S UNP, Saddam Al Aziz, M.Pd menjelaskan bahwa pada hari pertama, 14 Mei 2023, meskipun ada sedikit kendala listrik mati akibat ada kebakaran namun para peserta tetap semangat mengikuti kegiatan sampai sore. Kegiatan hari pertama yaitu penyampaian materi oleh  Dr. Nofrion, M.Pd tentang "Standar Tes" dan tentang "Optimalisasi Elearning dan Tes" oleh Saddam Al Aziz, M.Pd dan dilanjutkan kerja mandiri tim membuat draft soal UAS sebanyak 2 paket soal.

Lebih lanjut Koordinator Divisi MKU Pusdikbelmerjar menjelaskan, yang membedakan UAS Januari-Juni 2023 dengan UAS sebelumnya adalah terdiri dari 10 soal C2, 20 soal C3 C4, 10 soal C5 C6 serta struktur soal level HOTS harus diawali dengan stimulus/stem/pengantar/kasus (berupa uraian/gambar/berita/tabel/peta/dll), baru dilanjutkan dengan soal dan pilihan jawaban. Sehingga dapat menguji literasi mahasiswa juga. Sedangkan pada hari kedua, 18 Mei 2023, kegiatan workshop dilanjutkan dengan pendampingan teknis input soal MKU ke sistem MKU UNP oleh Hilman Trijaka Suyuthie, S.Kom.

Uji coba sistem direncanakan pada tanggal 27-28 Mei 2023 dan pelaksanaan UAS MKU bersama secara daring akan dilaksanakan mulai tanggal 12-16 Juni 2023.  (Dion/Saddam)

“ Bagi siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya (memayungkan sayapnya) kepada penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut.” (HR. lbn Majah)

Syaflan Sandi Harta Putra
Share:

Padang, 14-18 Mei 2023

Sebelum memasuki perkuliahan pertemuan akhir semester, Pusat Pendidikan, Pembelajaran, dan Merdeka belajar (Pusdikbelmerjar) mengadakan kegiatan "Workshop Editing dan Input Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Januari - Juni 2023". Kegiatan ini merupakan agenda program kerja (proker) rutin tiap semester. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring pada:


Hari/Tanggal  : Minggu dan Kamis/ 14 dan 18 Mei 2023  

Pukul   : 08.30 WIB - selesai 


Tempat  : Aula FIS lantai 4 gedung FIS Baru di belakang gedung classroom B 

Administrator
Share: