Padang (19 September 2023), berlangsung kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Universitas Negeri Padang Menuju Pendidikan Inklusif dalam Mewujudkan World Class University (WCU)” di Auditorium UNP. Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Dr. Refnaldi, M.Litt., selaku Wakil Rektor I UNP, Dr. Dante Rigmalia. M.Pd., selaku Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND), serta narasumber yang ketiga yaitu Prof. Dr. Marlina M.Si., selaku Kepala Pusat Layanan Disabilitas UNP.

Dimoderatori oleh Dr. Nofrion. M.Pd., yang merupakan Dosen dari Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial UNP, kegiatan ini dihadiri lebih dari 1000 peserta yang terdiri dari Mahasiswa disabilitas dan Mahasiswa Umum UNP, serta dosen dan pejabat selingkungan UNP.

Kuliah Umum dibuka oleh Wakil Rektor I UNP, Dr. Refnaldi, M.Litt., merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan secara umum berkenaan dengan upaya UNP memberikan layanan yang maksimal untuk mengakomodasi mahasiswa-mahasiswa disabilitas.

Dalam sambutannya, Dr. Refnaldi, M.Litt., juga menyampaikan bahwa di UNP sudah memiliki Pusat Layanan Disabilitas. Melalui program tersebut, telah dirancang berbagai program serta pedoman dalam rangka memberikan pelayanan optimal kepada mahasiswa disabilitas yang membutuhkan layanan khusus.

“Bertransformasinya UNP menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum tentu saja semua layanan-layanan yang ada di universitas harus ditingkatkan standarnya, terutama untuk menuju World Class Univercity, tanpa terkecuali tentang pelayanan pelayanan disabilitas”  tambah Dr. Refnaldi, M.Litt.

Mengawali sesi pertama, Dr. Refnaldi, M.Litt., menyampaikan materi tentang Dukungan Pemenuhan Hak-Hak Mahasiswa Disabilitas. Dilanjutkan materi yang kedua oleh Dr. Dante Rigmalia. M.Pd., yang menyampaikan materi tentang Sinergisitas KND dan Universitas dalam mewujudkan pendidikan inklusif di Perguruan Tinggi, serta ditutup dengan materi ketiga yang disampaikan oleh Prof. Dr. Marlina M.Si., dengan tema Aksesbilitas dan Akomodasi Pembelajaran untuk Mahasiswa Disabelisalitas di Perguruan Tinggi.


Antusiasme peserta sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan dari awal hingga berakhirnya acara. Dalam kegiatan tersebut juga dipersembahkan penampilan dari Autic Band yang berasal dari Sekolah Luar Biasa Autisma Yayasan Pengembangan Potensi Anak Padang (SLB Autisma YPPA Padang), serta ditutup dengan penampilan Band Mahasiswa Disabilitas dari Departemen Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNP.

Kegiatan ini turut dipandu oleh juru bahasa isyarat dari Pusat layanan Disabilitas UNP, Rosy Mahersa dan Eka Pudji Astuti yang merupakan mahasiswa dari PLB UNP.

Seiring dengan penambahan jumlah mahasiswa yang berkebutuan khusus di UNP, khususnya di Departemen Pendidikan Luar Biasa, layanan khusus dibutuhkan karena mahasiswa disabilitas di UNP juga sudah menyebar di berbagai program studi.

Melalui program-program yang dilaksanakan Pusat Layanan Disabilitas, UNP menjadi kampus inklusif atau ramah disabilitas, dan akan mendukung salah satu poin sebagai kampus yang menuju kelas dunia. (Tiok W.)

“ Bagi siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya (memayungkan sayapnya) kepada penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut.” (HR. lbn Majah)

Syaflan Sandi Harta Putra
Share: