Salah satu syarat penting sebelum mendaftar ke perusahaan tertentu adalah memiliki Sertifikat Kompetensi. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Sertifikat kompetensi biasanya diambil sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Misal seseorang yang bekerja di bidang digital marketing. Spesifikasi yang diambil berhubungan dengan hal itu khususnya terkait dengan kemampuan kamu dalam memasarkan produk/jasa melalui online.

Sertifikasi kompetensi juga berguna bagi teman-teman fresh graduate. Hal ini mengingat persaingan di dunia kerja yang semakin ketat. Sebab ketika di dunia kerja, kita tidak hanya dilihat dari tingkat pendidikannya saja, namun juga dilihat dari skill atau keahlian yang kita dedikasikan untuk perusahaan yang kita lamar nantinya. Makanya seseorang dikatakan kompeten karena memiliki pengetahuan, keahlian dan etika.

Manfaat sertifikasi kompetensi juga dapat membantu mengikuti standar internasional dalam bidang tertentu. Ini karena sertifikasi kompetensi biasanya diakui secara internasional dan memenuhi standar tertentu yang ditetapkan oleh organisasi dan badan standar internasional. Saat ini LSP UNP telah memeliki beberapa skema uji kompetensi dengan standar Internasional.



Administrator
Share: